Memilih (Brand) Mobil Keluarga yang paling Baik?

Lagi iseng browsing, nemu link di sini, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca🙂

Sedikit pendapat pribadi beliau yang subjektif🙂

 

Perbandingan

Mitsubishi Kuda Diesel

Toyota Kijang Diesel

Isuzu Panther

Kapasitas

2,5 liter

2,4 liter

2,5 liter

Tenaga

Lebih besar dari Kijang

Lebih dari Kijang

Kecepatan puncak

Sekitar sama. Cuma lebih tinggi sedikit.

Sekitar sama.

Karakteristik

Lebih responsif di putaran tinggi. Karena transmisinya lebih cocok untuk luar-kota. Akselesari gigi-1 bagus.

Lebih responsif di putaran rendah. Cocok untuk dalam kota. Gigi-1 parah, seperti low gear jip/truk.

Kurang responsif karena body berat. Gigi-1 ‘normal’.

Berat

Lebih ringan 100 kg-an (Generasi 1, GLS)

1,4 ton lebih sedikit

2 ton kurang sedikit &

2,1 ton (versi kapsul)

Sistem Mesin

Injeksi tidak langsung. Ada poros penyeimbang mengkompensasi getaran.

Injeksi tidak langsung. Getaran cukup keras.

Direct Injection. Getaran lebih rendah. Redaman lebih baik karena body lebih masif.

Kebisingan

Saringan udara diatur untuk mengurangi noise. Sekitar setara Kijang.

Kebisingan diatasi dengan peredam interior.

Peredaman cukup baik. Sekitar setara Kijang.

Kenyamanan

Sekitar setara Kijang

Kalah dibandingkan Panther dan kalah dibanding versi Bensinnya

Terbaik karena body mantap. Bahkan serasa lebih baik dari Kijang bensin untuk bermain di tikungan-tikungan luar kota

Respons Rem

Baik didukung body ringan.

Baik.

Tidak sebaik Kijang karena body yang berat.

Mitos

Mesin L300 ‘proven’

Dieselnya sedan sekali (tetapi apa iya?). Mesin ex. Hi-Ace Hi-Lux yang dikalahkan Mitsubishi.

‘Rajanya diesel’

Konsumsi BBM

Hemat. Kurang lebih setara Kijang.

Hemat. Kurang lebih setara Panther.

Diklaim sedikit lebih hemat dari para kompetitornya.

Body

Lebih Kecil & Ringan. Atap bergelombang. Terkesan sekelas Kijang Super. Pintu belakang 3/4; lalu ada versi hatchback (generasi baru).

Lebih maju. Atap rata. Lebih populer. Pintu belakang hatchback. Pintu-pintu gambreng.

Atap bergelombang (s/d versi Kapsul). Pintu belakang 3/4, lalu swing-door (kapsul).

Interior

Bahan terbaik. Tetapi agak sempit. Jok tiga baris hadap depan datang belakangan.

Bahan sederhana-murahan. Cukup rapih, cukup luas. Mantap dengan jok tiga baris hadap depan.

Setelah krismon, bahan lebih murahan dari Kijang. Interior luas. Jok tiga baris hadap depan keluar belakangan.

Bonet

Pendek

Agak monyong.

Tidak semonyong Kijang.

Jendela

Sekelas Panther

Belakang dibuka swing.

Belakang tidak bisa dibuka

Varian

Seperti Kijang

Varian body/trimming banyak

 

Varian body banyak

Varian mesin/transmisi ada (turbo/non-turbo, AT/MT)

Durability

Dipersepsi seperti Mitsubishi pada umumnya. Baik, tapi tidak sekelas Toyota.

Mesin cukup awet.

Kaki-kaki kuat dan awet.

Kesisteman lain ‘Toyota’

Mesin dipersepsi awet.

Kaki-kaki kalah oleh Kijang.

Kesisteman lain biasa saja.

Second Hand

Harga second kurang baik; Khas Mitsubishi

Harga second terbaik, Tapi tidak sebaik versi Bensin.

Harga second cukup baik

Keunggulan

Body ringkas/ringan

Kabin Mewah

Body Populer/Pas

Kabin Luas/Pas

Body Kokoh dan masif

Kabin Luas

 

Beberapa sumber referensi: Mobil Motor 08/XX1X Agustus’99 dan 12/XXVII September’97 dan pengalaman pribadi memakai Kijang LSX-Diesel 2000 dan Isuzu Panther LV25 2001.

About Mora H. Ritonga

kata orangseh lucu, seram, nyebelin, nakutin, bikin seneng, tapi ... terserahdeh,,saran gw liat dulu orangnya baru komen
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 Responses to Memilih (Brand) Mobil Keluarga yang paling Baik?

  1. jtxtop says:

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  2. joko says:

    koreksi ya berat panther 2 ton itu gross, nettonya ga beda jauh dari kuda dan kijang, blazer yang berat saja cuma 1,6 ton, masakan berat panther sama dengan toyota landcruiser vx! heran pada ga nyadar di semua blog nulis panther beratnya 2 ton, bikin ketawa saja ha ha ha

  3. joko says:

    tambahan lagi, body kuda yang paling berat, karena ukuran dimensinya paling kecil dan silinder headnya aluminium (lebih ringan dari head panther dan kijang), namun bobot ketiganya 11-12, mitsubishi itu levelnya diatas toyota lho jangan salah! durabiliti sparepartnya diatas toyota dan panther, hanya harga sparepartnya jadi paling mahal, paling murah panther karena banyak bikinan dalam negeri, isuzu kalau soal mesin memang hebat karena isuzu itu pabrik mesin diesel bukan pabrik mobil ! bahkan honda juga pakai mesin diesel isuzu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s