Ban Radial VS Ban Bias

Nemu link bagus, share (baca: simpan) dimarih aja😀

Sumber: http://gilamotor.com/forums/showthread.php?t=897

Setelah mencari-cari info di web maupun konsultasi serta menggali informasi dari rekan-rekan, akhirnya saya dapet nich artikel tentang Ban Radial akan saya share disini supaya gilmoters tahu dan yang udah tahu bisa memberikan pencerahan atau koreksi jika ada kesalahan dan saya tekankan disini saya berbagi ilmu, bukan bermaksud menggurui, yuk langsung aja kita simak perbandingan antara Ban Radial dengan Ban Bias.

Ban tipe Bias adalah ban dengan plycords berbentuk diagonal yang diperkuat dengan lapisan kabel nilon sebagai penguat. Contoh ban tipe Bias Adalah Battlax BT 45 dan BT 39.



Ban tipe Radial memiliki jalinan plycord yang membentang dari satu bibirban ke bibir ban seberangnya. Jalinan Plycord juga di perkuat oleh sabuk kawat logam. Contoh ban tipe Radial Adalah Battlax BT 92, BT 90 dan IRC Road Winner RX 01.

Saya juga baru tahu ternyata IRC RX 01 (Ban yang saya gunakan….) bertype radial…

Pengujian yang dilakukan oleh pihak Bridgestone ini menggunakan ban mobil tipe S322 145/70-12 (tipe radial) dan SKHX 5,65-12 (tipe bias). Dan hasilnya adalah :

Ban tipe bias memerlukan jarak pengereman yang lebih jauh dari pada ban tipe radial sehingga ban radial lebih safety. Saat melakukan belokan menikung deformasi area kontak ban dengan jalan pada bentuk ban radial menyebabkan sudut rebah maksimal dimana motor akan slip (slip angle) dengan jalan akan semakin kecil. Sedangkan pada ban jenis Bias pada gaya sentrifugal yang sama sudut rebah lebih besar
artinya dengan ban radial berbelok bisa lebih akurat
tau sndiri kan kalo motor sport butuh rebah agar bisa menikung dengan baik dan cepat saat race.

Saya juga memperoleh informasi ternyata ban radial lebih tahan banting terhadap benda2 tajam di jalan seperti paku, pecahan kaca, atau batu yang tajam, dikarenakan memiliki steel belt yang lebih kuat daripada nylon, qlo ban type bias qlo nylonnya putus akibatnya benjol2 tuch bannya…

Lalu pemakaian ban radial bisa memperirit konsumsi BBM sampai 5 % pada kecepatan 80 km/jam karena koefesien gesekan saat berputar (rolling resistance) nya yang lebih kecil dibanding ban tipe bias.

Semoga bisa menambah pengetahuan kita semua….

Salam Gila Motor….!

 

About Mora H. Ritonga

kata orangseh lucu, seram, nyebelin, nakutin, bikin seneng, tapi ... terserahdeh,,saran gw liat dulu orangnya baru komen
This entry was posted in Info Penting, Otomotif, Tips dan Trik. Bookmark the permalink.

3 Responses to Ban Radial VS Ban Bias

  1. ndr0e says:

    waah.. menarik juga infonya, makaci..
    tp di gambar sepertinya perlu diperjelas yg mana tipe bias/ radial..

  2. 8y50n says:

    Koreksi Bozz…. IRC RX-01 itu type Bias,, bukan Radial
    Silahkan dilihat di webnya IRC (gt-tires)
    http://www.gt-tires.com/indonesia/productdetail.asp?language=1&page=2&type=3&subtype=10&mastertireid=IndonesiaPattern000153&tiresize=

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s