Pasang kipas pendingin, untuk antisipasi panas ketika macet

Ini saya copy tulisan bro Chandra HP di milist Bajaj_Pulsar_Indonesia@yahoogroups.com (salah satu milist pengguna pulsar). Tulisan ini muncul karena karakter mesin pulsar yang memang sangat panas, apalagi ketika macet, hehe….

berikut copy-annya..

He.. he, pernah aku kejebak dalam kemacetan sejauh 20 Km. Waktu itu sehari setelah Gempa Jogja, aku berkunjung ke rumah saudara di Bantul. Sepanjang jalan panaaas dan paling cuma bisa jalan 15 Kmh. Nah, overheat dah itu mesinnya! Sebel juga, soalnya berkali-kali tiba-tiba mati dan diklakson ama yang di belakang. Gawat.., mana gak ada elektrik starternya lagi.. Lalu kepikiran juga pasang kipas buat bantu ngurangi panas, khususnya pas macet!
Ide ini sih sudah banyak yang mencetuskan, buktinya di situs ini juga ada yang mencoba memasangnya. Cuma menurutku masih kurang Bro, kurang gedhe kipasnya dan kurang menarik penampilannya…
Aku pake kipas yang biasa dipake buat PC yang bisa dicari di toko komputer harga 15ribu, kalau yang biasa (gak nyala) cuma 6ribu kok! Untuk dudukannya dipakai grill fan ukuran 8 cm (beli di toko elektronik, harga 4.250), terus cuma diikat pake tali kabel (murah, 100 perak ajah!). Jadi gak perlu pake dilas atau dibor, praktis dan efektif kan?

Ini gambar dudukannya sebelum dipasang kipasnya: 

Pasang juga grill untuk bagian depan, jadi nggak perlu khawatir kalau ada plastik atau mungkin malah jari tangan yang nylonong masuk ke kipas. Terus untuk memasangnya pake mur-baut ajah, gampang kok! Untuk menambah variasi, lampu Lednya dapat diganti sendiri kok, kayaknya cuman seribu perak per biji! Atau bisa juga pake Led yang bisa ganti-ganti 5 warna, biar rame kayak diskotik! Listriknya ambil aja langsung dari aki, jadi gak perlu gores-gores kabel orisinilnya. Pasang juga saklarnya, bisa yang manual atau yang otomatis.



Ini tampilannya waktu dinyalakan, SANGAR Bro! Soalnya terang banget. Rencananya sih mau tambah 4 kipas lagi, di belakang Radiator ama di fairing depan buat buang angin panas. Tapi berhubung masih dalam tahap percobaan maka coba pasang 2 dulu, liat dulu deh seminggu dipake mati gak tuh Lednya.
Oh iya, biar gak konsleting kalo kehujanan tutup aja solderan Lednya pake lem bakar (500 perak doang), kalo mau cuci motor bungkus plastik dulu ya Bro..!
Mungkin lain kali mau pasang juga di helm biar sejuk, atau malah pasang LCD ama Subwoofernya juga. Uhm.., kalo pasang Nos bisa gak yach…?

Yang menggelitik kalimat terakhirnya, “lain kali mau pasang juga di helm biar sejuk, atau malah pasang LCD ama Subwoofernya juga. Uhm.., kalo pasang Nos bisa gak yach” xixixixi.. bisa aja nih si mas hehe…

oya, FYI, tulisan mas bro tersebut dibuat tahun 2006, mungkin saja udah berubah harganya..

About Mora H. Ritonga

kata orangseh lucu, seram, nyebelin, nakutin, bikin seneng, tapi ... terserahdeh,,saran gw liat dulu orangnya baru komen
This entry was posted in Curhat, Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Pasang kipas pendingin, untuk antisipasi panas ketika macet

  1. chipichawa says:

    Pertamax gan…..

  2. zull.free says:

    creatif broo … cuma apa ada pengaruh signifikan ?

  3. toni says:

    gan,,, kalo kena air waktu nyuci apa ga akan rusak kipasnya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s