Touring keempat=Manasin mesin, Ujung Genteng

Seperti biasa, saya cuma bisa cerita secara naratif..

Di awali dengan “niatan” Panser, dengan PIC bro Wawan #775 untuk melakukan perjalanan untuk refreshing, yang kali ini diberi judul manasin mesin, ehehehe.. bukan touring, padahal km di motor saya udah 600-an km..

Berangkat kamis malam, 27 Mei 2010, kumpul di kampus ITI pada pukul 23.30 WIB. Sebelum kumpul ke Kampus ITI, saya mampir di Pos 3 Panser terlebih dahulu, dan benar, disana sudah ada 4 ranger yang sudah menunggu.

setelah menunggu sampai jam 23.00 WIB, tidak ada lagi tanda-tanda akan ada ranger yang mau datang, kamipun meluncur ke kampus ITI. Disana sudah ada beberapa ranger yang menunggu, sambil dilakukan screaning by tim PSRT Panser sebelum keberangkatan, untuk meminimalisir segala hal yag tidka diinginkan.

Setelah semuanya dinyatakan layak jalan, kamipun bersiap-siap untuk berangkat. PIC menunjuk petugas sebagai berikut: SO 018 juki, 206 Andreas,, Swipper  tengah: Dwi 603, 775 Wawan, 777 Daniel,, RC : 112 Abah Edy,, Swipper belakang: 458 Bangzai, Giri,, RO: 180 Gio.

Keberangkatan tim hanya 18 motor+1 boncenger (2 motor+1boncenger menyusul esok paginya). Rombongan hanya dibagi menjadi 1 klopasin (Kelompok Panasin Mesin). Jam 03.00 Rombongan memasuki wilayah Tenjo untuk Istirahat makan, disana sdh menunggu RC&RO Sebelum sampai tenjo rombongan mengalami beberapa kendala rantai 260 andreas putus di cicangkal sekitar 1 jam terhenti.

Setelah itu rombongan terpisah (ditinggal) RC dan RO. Rombongan melanjutkan perjalanan menuju tenjo walau tanpa RC&RO  meskipun sempat muter-muter, melewati tempat yg sama berkali-kali akhirnya rombonganpun sampai jg di Tenjo. Hehehe.. sebenarnya yang bagian ini malu juga nyeritainnya, tapi gapapa deh, untuk cerita xixixi.. Karena udah belak-belok kesana kemari, sampai2 sudah dua kali menemui jalan buntu hiii serem.. setiba di salah satu pertigaan, karena jalanan yang berlobang banget, gw jatuh bego, ah tidak.. sering sekali😀 sehingga EG abal-abal gw keropos, hiks..

Karena kelamaan saat mau ngidupin motor gw karena bekas jatuh (mungkin bensinnya banjir), motornya Bangzai malah masalah, ban belakang anginnya berkurang. Tapi keren euy, Bangzai peralatannya lengkap, di box-nya ada pompa kecil, yang pengisian anginnya menggunakan tenaga bantuan aki.. liat gambarnya aja deh..

Jam 04.00 rombongan melanjutkan perjalanan menuju rangkas bitung berhenti sejenak di daerah Jasinga untuk salat subuh dan istirahat sejenak alias tidur.

Melewati daerah ini jln yg dilalui rusak berat,gelap sehingga mengakibatkan breket Dwi 603 yang mengangkut keyless 41 patah. Karena darurat akhirnya breket 603 diikat pakai tambang sedangkan box keylessnya dipindah ke motor 018.

Jumat pagi, jam 07.00 WIB, rombongan berangkat menuju Rangkas. Begitu sampai rangkas rombongan diajak muter-muter untuk cuci mata sejenak menuju alun-alun kota, duuh.. betapa baiknya #112 (xixixi.. padahal gak tau lupa jalan, hiks..) sebelum memasuki wilayah Gg kencana tim istirahat untuk sarapan  berhubung dpt sponsor makanan dan minuman maka rombongan hanya memakan mie dan minum teh.

Jam 09.00 WIB Melanjutkan perjalanan menuju malimping untuk isoma.Melewati Gg kencana yg terkenal penuh dng misteri & jalan yg hancur berantakan mampu dilewati tanpa kendala…amin hanya baut tutup gir dpn 180 lepas entah kmn.. 11.30 WIB Isoma sebelum menuju bayah para peserta sebagian menunaikan shalat jumat sedangkan yg lain istirahat tidur.

13.00 WIB perjalanan dilanjutkan kembali jalur yg dilalui kali ini lumayan baik sehingga bs memacu speed ditengah jln hujan sempat turun namun hanya sebentar memasuki daerah bayah rombongan disugguhkan dgn pemandangan pantai sehingga membuat rombongan untuk berhenti sejenak untuk ngopi-ngopi sekalian mengabadikan gambar dgn photo-photo ala panserian.

15.00 Selesai istirahat jalan lg kali ini menuju pl Ratu rombongan msh tetap 1 Klopasin dgn RC msh tetap 112. Jalanan kali ini didominasi dgn tanjakan-turunan curam disertai dgn lubang-lubang menganga serta pasir & kerikil ditengah jalan yg membuat beberapa kali rombongan menghajar lubang  namun tdk ad Kendal hanya rem cakram 180 sempat bermasalah dan ban belakang 1179 bocor. Disini rombongan dibagi menjadi 2. SO&RC jalan duluan dng membawa 12 mtr. sdgkan sisanya menyusul setelah masalah selesai. Rombongan menemukan warung jg setelah melewati wilayah sawarna berhenti sejenak untuk istirahat menunyapun msh sama mie&teh…

disini rombongan bertemu dgn teman-teman kaliber yg akan menuju sawarna. Mereka mampir sebentar utk beramah tamah.

16.00 sebelum melanjutkan perjalanan rombongan dibagi menjadi 2 klopasin untuk melanjutkan perjalanan sampai ke tikum selanjutkan spbu pl ratu disini. Ditengah jln sempat ketemu  ranger 989 squadron+boncenger.

18.30 Tiba di SPBU pl ratu & meneruskan sisa perjalanan menuju ujung genteng kali ini rombongan menjadi 1 klopas lg. Selama perjalanan diguyur hujan lebat melewati daerah kiara dua jalanpun msh tetap berliku dgn banyaknya lubang dan pasir membuat rombongan extra waspada. Memasuki wilayah jampang kulon hingga surade rombongan lagi-lagi terpisah dgn RC yg meninggalkan rombongan beserta petugas yg lain termasuk RO…meski tanpa RC utama rombongan tetap melanjutkan perjalanan dgn di RC-kan 603 sampai kerumah Bp.suprihatin.

20.00 WIB sampai juga di tempat Bp. Suprihatin dengan selamat meskipun basah kuyup karena hujan ga berhenti.Disana sdh menunggu RC dan peserta yg berangkat pagi 116&042.disini peserta langsung mandi dan istirahat  bahkan ada yg dipijat ,sambil bercerita mengenai keberangkatan sesekali melahap hidangan yg sdh disuguhkan tuan rumah.hingga tak terasa sdh tengah malam waktunya tidur…zzz…zZZz..ZZzzz

-SABTU jam 08.00 bangun tidur, mandi  sebagian mencuci motor  dan mengecek kondisi kendaraan setelah keberangkatan kemarin.hari ini acara bebas ad yg beristirahat dan sebagian jalan-jalan ke UG menikmati suasana pantai sampai dgn jam makan siang rombongan diharuskan kembali kerumah untuk siap-siap karena sore harinya pulang.

-jam 13.00 makan siang telah disediakan oleh tuan rumah Bp suprihatin ayam cemani bakar maknyooss walaupun ga bs menikmati seafoodnya..hiks..hiks (cuaca ga bersahabat bwt melaut)

KEPULANGAN 29 Mei

-jam 15.00 para peserta bersiap-siap untuk pulang kembali menuju Jakarta,tdk lupa untuk briefing dan berdoa setelah selesai berpamitan dgn pihak tuan rumah Bp.suprihatin berserta keluarga.Petugas swipper kali ini di rubah 777 di ganti dgn 776 dikarenakan bermasalah dng mgnet stater,RO 180 diganti 039,180 dgn 458 dibelakang sedangkan 603 tdk jd petugas ribet sama BOX setelah breketnya bs di las dan digunakan kembali….jumlah peserta yg pulang berjumlah 20 motor, 22 orang berikut boncenger.mengenai jalur yg dilalui berbeda dng keberangkatan dan hanya 1Klopasin.

16.00 WIB istirahat sambil ngopi-ngopi di daerah jampang kulon dikarenakan hujan cukup deras disini rombongan harus berpisah dgn bambang kancil #457 (cmiiw) dikarenakan mau menuju bandung. Setelah beristirahat sekitar 30 menit perjalananpun dilanjutkan kembali jalur yg dilalui msh tetap berliku dan jln rusak bahkan sampai center  box 1179 dan foglamp 116 sampai jatuh…(ingat waktu diranau, lirik 802).

-Jam 17.30 tiba di SPBU Pl ratu untuk istirahat sejenak hujan pun mulai reda hanya gerimis-gerimis setelah 1jam beristirahat perjalananpun dilanjutkan kembali menuju cikidang.Daerah yg sangat rawan kecelakaan dikarenakan jalanan yg berliku dan beberapa bagian rusak parah yg menuntut rombongan panserian untuk extra waspada dan hati-hati.Ditengah jalan kamipun beberapa kali menemui incident kecelakaan di jalur cikidang bahkan baut pengikat kopling 112 sampai lepas.Akhirnya rombongan pun berhenti sejenak untuk membantu pengendara yg terlibat kecelakaan dan memasang baut kopling 112.Ketika sdg istirahat lagi-lagi kita ketemu kawan-kawan dari kaliber. Perjalananpun dilanjutkan kembali menuju cicurug sukabumi untuk mampir ketempat bro yayat pra bogor. Yg sdh menuggu warga panserian.

19.30 WIB memasuki  wilayah sukabumi dimana pada saat itu lalulintas di jl.raya sukabumi sangat padat yg  menuntut rombongan untuk selalu bersabar & tanpa emosi dlm menghadapi kemacetan yg terjadi.Sampai cimelati rombongan berhenti untuk menunggu di jemput bro yayat.Begitu bro yayat dating tanpa basa-basi lg langsung jalan menuju kediaman beliau yg lagi-lagi melewati daerah  kemacetan yg membuat rombonganpun sempat tercecer. Sebagian sdh sampai tkp tinggal RC&swipper belakang yg msh tertinggal. Dikarenakan jln menuju tkp banyak persimpangan sebagian peserta menunggu dipersimpangan guna mengantisipasi rombongan yg tertinggal tersesat.

Jam 20.00 tiba di kediaman bro yayat kamipun disambut dgn ramah tamah oleh keluarga bro yayat.Disana kita tdk hanya beristirahat tp jg menikmati sajian yg telah disediakan oleh tuan rumah Sate ayam&kambingnya ajiebb……….disana kita banyak bercerita mengenai perjalanan pulang  dan ternyata istri dr bro yayat itu msh keponakan dari  018.rombongan memutuskan istirahat 3 jam sekalian memulihkan kondisi dari boncenger 116 yg kurang baik setelah terus menerus diguyur hujan waktu pulang dari surade sampai cicurug.

-Jam 23.00 Siap-siap pulang dari tempat bro yayat tdk lupa briefing sebentar untuk menentukan titik perpisahan. Diputuskan bogor sebagai titik perpisahan rombongan. Memasuki jl. raya sukabumi kali ini cukup lenggang sehingga rombonganpun bisa memacu speed lg. Memasuki wilayah ini kita harus waspada karena jln bergelombang  bahkan sidebox 602 sampai lepas. Ditengah jalan kita sempat ketemu dengan 2 klotur squadron mohon maaf kami mendahului… Tiba di tikum terakhir kota bogor berhenti sejenak.

-Jam 24.00 Rombongan meneruskan perjalanan kali ini rombongan sudah berpencar ada yg msh beristirahat,ada yg belanja oleh-oleh dan ada jg yg langsung pulang menuju rumah masing-masing.

-jam 02.00 Mayoritas peserta sudah tiba dirumah dengan selamat.

*maaf, lebih banyak copast dari tulisan #775, udah ngantuk euy.. foto dari settingan HP saya yang gak karuan bisa dilihat di: http://picasaweb.google.com/morahertanto/UjungGentengManasinMotor#

About Mora H. Ritonga

kata orangseh lucu, seram, nyebelin, nakutin, bikin seneng, tapi ... terserahdeh,,saran gw liat dulu orangnya baru komen
This entry was posted in Adventure, Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Touring keempat=Manasin mesin, Ujung Genteng

  1. harisaputro says:

    perjalanan yang mantappps,

    sayang ane kagak bisa ikut jalan, coz orng tua dari nyokap meninggal (27-05-2010, 19.15) di jawa tengah.

    sempet ketemu rombongan squadron yang jalan menuju yogja tgl 28 sekitar jam 11an.

    tgl 29 jam 9 pagi rombongan yang menuju yogja pulang kejakarta, sempet juga melambaikan tangan untuk sekedar mampir sebentar istirahat dirumah mbah ,tapi sayang rombongan hanya membunyikan lonceng aja,,,,, *huft toet…toet

    harisaputro panser#1181

    • Tidak apa-apa bro..
      mungkin lain waktu ikut lagi..
      turut berduka cita juga atas berpulangnya orangtua nyokap.. semoga diberikan kesabaran..
      Salam panserian..!!😀

  2. Kasmun says:

    Bapak Supriatin masih pakai motor trail ya… ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s