Wanita ke mesjid kenapa tidak

Hanya berpendapat.

Saya baru dengar pagi tadi, seorang Ustadzah di radio 105.0 FM menyebutkan bahwa, zaman sekarang wanita sudah bisa dan biasa pergi ke luar rumah, ke super market, ke luar kota, bahkan ke luar negeri sendirian, tidak terkecuali wanita muslimah. Tapi mengapa wanita muslimah kita sekarang masih saja menyebutkan bahwa fitnah jika salat berjamaah ke mesjid. (?)

images

Bagaimana menurut anda?? (hint: bahwa ustadjah tersebut menekankan untuk kita selalu salat berjamaah, layaknya yang dicontohkan Rasulullah – selalu salat berjamaah walau dalam kondisi apapun). Wallahu ‘Alam..

About Mora H. Ritonga

kata orangseh lucu, seram, nyebelin, nakutin, bikin seneng, tapi ... terserahdeh,,saran gw liat dulu orangnya baru komen
This entry was posted in Agama. Bookmark the permalink.

One Response to Wanita ke mesjid kenapa tidak

  1. asiah says:

    bismillah…
    boleh ya ikutan comment di blog ini, sekedar berbagi ilmu, sharing, atau apalah namanya, cz qt masih sebagai tholabul ‘ilmi ga ada salahnya saling mengkoreksi kl ada yang krg tpt utamanya u/ comment ini,
    “ce keluar rumah, misalnya ke pasar”,tentang hai ini saya pernah baca pendapat ibnu taimiyah yang mengatakan bahwa hal tersebut diperbolehkan, tapi jika dikhawatirkan akan terjadi fitnah, maka ia harus bersama mahromnya. beliau juga mensyaratkan keadaan ce tersebut harus berhijab, tidak memakai wewangian dan berhias, keluar karena kebutuhan yang mendesak.
    dan tentang wanita yang bepergian ke luar kota atau keluar negeri sendiri, saya coba mengutip beberapa hadist:“Janganlah wanita melakukan safar selama 3 hari kecuali bersama mahramnya.” (Hadits shahih, HR Bukhari, HR Muslim,Ahmad,dan Abu Dawud)

    “Tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir melakukan safar (bepergian) selama satu hari satu malam yang tidak disertai mahramnya.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad, mkn dari dari hadist tsb safar dengan mahramnya adl suatu keharusan bahkan u/ haji atau umrah sekalipun, ibnu taimiyah ttp mengisyaratkan adanya mahrom.
    sedangkan hukum wanita ke mesjid, sepengetahuan saya sejak zaman nubuwah, para shohabiyah ada yang ikut slt berjamaah di mesjid dan itu bisa kita liat dari hadist yang disampaikan Aisyah yang merngatakan para shohabiyah menghadiri sholat subuh bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan berselimut dengan kain-kain mereka. Kemudian para wanita itu kembali ke rumah-rumah mereka hingga mereka (selesai) menunaikan shalat tanpa ada seorangpun yang mengenali mereka karena masih gelap dan hadist ini diriwayatkan oleh Bukhori, juga hadist dari Abdullah bin Umar yang mengatakan bahwa Nabi bersabda “Janganlah kalian melarang istri-istri kalian dari masjid bila mereka meminta izin untuk mendatanginya.” jadi hadist ini bisa kita jadikan sebagai dalil ketika ada pihak yang ngelarang ce u/ jamaah di mesjid, walaupun udah ada dalil tersebut, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan misalnya tidak memakai wewangian, berhijab, tidak berhias, dll. diriwatkan pula bahwa salah satu shohabiyah berkata kpd Rasul bhw ia senang dapat solat bersama Rasul, Rasul lalu bersabda bahwa solat di rumah bagi ce lebih utama daripada di mesjid.berarti dapat disimpulkan bahwa slt berjamaah di mesjid bukan suatu hukum wajib bagi ce. namun hal ini berbeda dengan co, krn berdasarkan hadist juga bahwa co itu wajib solat berjamah di mesjid kecuali dalam hal2 tertentu, misnya hujan deras, dll, bahkan hukum ini dtetap berlaku bagi seorang yang buta pada masa beliau.
    wallohu’alam…

    Admin said:
    Thanks.. Semoga jadi bahan pelajaran buat saya dan kita semua..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s