Dual Boot Vista dan XP

Setelah ngoprek selama 2 hari, akhirnya berhasil juga bikin di kompi kantor dual boot vista dan xp.
Tidak masalah vista atau XP duluan yang diinstall. Dengan catatan, kalau XP duluan yang diinstall pertama maka tidak akan terjadi masalah, tetapi saat vista duluan maka akan ada sedikit gangguan (seperti yang saya alami), karena MBR dari Windows XP beda dengan Windows Vista (kalau XP mirip dengan grub di linux, maka Vista sudah menerapkan BCD mirip LILO di linux).
[He2, saya gaktau neranginnya lebih lanjut, tapi kira2 seperti itulah..].

logo-windows-vista-xpjpg

Jadi kondisi yang saya alami itu adalah, kompi kantor tersebut sudah Vista ready (asli) dari pabrikannya, namun karena butuh akselerasi yang lebih cepat dari yang ada (maklumlah, taukan kalau Vista itu berat), maka ingin diinstall XP. Nah langsung saya babat tuh dengan XP di partisi berbeda dari Vista-nya (Vista di C, XP di E – D sebagai partisi untuk data). Hal ini pertamanya bertujuan kalau misalnya diperlukan lagi vistanya bisa dipakai ulang (asli-loh). Tapi pada saat dicoba, saya tidak bisa untuk melakukan dual booting Vista dan XP yang baru saya install tersebut. Hal-hal berikut sudah saya lakukan (bersama tim sebenarnya):

1. mencoba meng-edit BCD dari DVD instalan Vista, tetapi ada beberapa hal yang tidak saya bisa.
2. ngopy (dan membenarkan ulang) MBR partisi Vista dengan menggunakan Linux LiveCD, tetapi tidak bisa juga.

Akhirnya hampir 2 hari, kami cari terus dan akhirnya dapat tools yang bernama EasyBCD yang bisa anda download disini
Tetapi sebelumnya anda harus nginstall dotNet Framework 2.0 yang bisa anda download disni

Semoga berhasil dan bermanfaat.

Catatan khusus: saya tidak belum menginstall driver apapun di kompi saya tersebut, hanya butuh install frameworknya terlebih dahulu, lalu EasyBCD-nya. Dan EasyBCD tersebut harus diinstall di XP dan nantinya di Vista-nya (kalau sedah berhasil masuk).

About Mora H. Ritonga

kata orangseh lucu, seram, nyebelin, nakutin, bikin seneng, tapi ... terserahdeh,,saran gw liat dulu orangnya baru komen
This entry was posted in Tips dan Trik. Bookmark the permalink.

3 Responses to Dual Boot Vista dan XP

  1. zaenal says:

    Sip..
    mantap mas, saya coba berhasil..
    Terimakasih

  2. erwin says:

    mas saya mengalami masalah, laptop saya menggunakan vista tp sama pengen mengganti windows xp tp dah beberapa kali coba ko selalu gagal…
    kata temen saya karena booting nya beda karena latop saya memakai 64 byte nah gamana tu biar laptop saya bisa di pindah jd 32 byte biar bs di instal xp.
    dan klo bisa tolong kasih tau software buat mengubah boot nya
    terimakasih…

    • moto says:

      Saya kurang mengerti maksud pertanyaan mas, mengubah booting 64 byte menjadi 32 byte.
      Setau saya pas kita pertama mau nginstall komputer, maka otomatis akan mengikuti installer yang ktia masukkan.
      Kebanyakan Windows XP sekarang (bahkan mungkin blm ada windows xp 64 byte, cmiiw) masih menggunakan 32 byte. Saat anda nginstall nanti akan otomatis.

Leave a Reply

