AIR TERJUN – SAMPURAN DAMPARAN (oleh-oleh Pulkam)

Seperti biasa, setiap lebaran saya sebagai anak rantau (dari sumatera ke pulau jawa) mudik ke kampong halaman, tepatnya di desa Sipagimbar, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Bermudik dari Jakarta ke kampung halaman kemarin saya naik pesawat (dapat tiket seharga Rp 400 ribu-loh😛 ), dan kembalinya ke Jakarta saya naik Bis ALS (Executive bro, dingin euy.. harga tiketnya Rp 470 ribu,, loh murahan naek pesawat??!).

Yang paling utama yang ingin dikunjungi/ditemui di kampung adalah Ibu Tercinta (kemarin itu lagi masaka di dapur, dan tiba-toba dari belakang saya peluk, dan teriak,, hahaha… untung aja ibuku masih sehat Alhadulillah, tidak punya penyakit jantung. ? ), kemudian suasana kampungnya yang masih khas (seperti biasa,, stay cool man!!), teman-teman main dulu (tapi pareban gw kemarin gak sempat ngobrol ama dia, maaf ya pare..!!), dan terakhir.. apa ya?? Oh iya, itutuh, “sapa tau ketemu dengan wanita cantik!!?” (he2,, maklum gw masih normal, masa’ nyari cowo – Iwan Fals ‘red).

Namun kali ini yang ingin saya ceritakan adalah tempat indah (saya perbagus namanya dari tempat hiburan) yang ada di daerah saya (ingat,, namanya Sipagimbar, atau Sipirok,, orang lebih banyak tau mungkin yang namanya Sipirok,, walaupun aslinya saya cemburu J ) yaitu air terjun (disana disebut dengan sampuran) Damparan.

suasana Damparan saat Lebaran

suasana Damparan saat Lebaran

Daerah ini berada di desa Damparan, kira-kira berjarak 25 km dari desaku (klo ada yang lebih benar, tolong koreksi ya, coz belum pernah saya ukur sendiri😀 ). Biasanya anak-anak remaja (biasanya berpasang-pasangan cewe-cowo) kesana dengan mengendarai sepeda motor (nama sepeda motor di tempatku disebut “kareta”, dan mobil malah disebut “motor”😀 ), tapi ada juga yang naik truk (biasanya anak-anak kecil, karena tidak adanaya kendaraan khusus yang akan mengangkut ke tempat tersebut, dan tempat tersebut sangat jarang dikunjungi orang kecuali hari-hari besar seperti Lebaran ataupun Natal dan Tahun Baru) walaupun ada juga bis yang mengantar yang didatangkan khusus.

Saat hari besar tersebut, biasanya ada panitia khusus yang menyelenggarakan acara disana seperti adanya hiburan (tapi biasanya dangdut-an), sehingga menyebabkan yang ingin masuk ke daerah tersebut harus bayar sejumlah uang sebagai karcis (tiket masuk).

Air terjun ini airnya sangat bening, dengan volume kira-kira xx (gak tau gw, he2) dan panjang air jatuhnya sekitar 5-6 meter (apasih nama air jatuh? J) ),, dan terakhir,, bagusdeh😛

si Cantik dari Kampung

si Cantik dari Kampung

Maka, berkunjunglah..!!

c.u.

About Mora H. Ritonga

kata orangseh lucu, seram, nyebelin, nakutin, bikin seneng, tapi ... terserahdeh,,saran gw liat dulu orangnya baru komen
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

38 Responses to AIR TERJUN – SAMPURAN DAMPARAN (oleh-oleh Pulkam)

  1. soleh says:

    Ngg..lebih bagus mana dari Curug Cilember Bogor mas??😉

  2. karfianto says:

    Ente atur dah Mor, kapan kita bisa kesana……

  3. Muksin harahp says:

    Jadi ingat kampung lihat Blog ini…..
    Ni Blog siapa ya…..

    Horas salam kenal…….

    Harahapdoaublogspot.com

  4. Panangian Harahap says:

    Jadi ingi pulang kampung neh
    Gw pernah ke sana malah tulang saya ada di damparan marga Pane
    Dulu neh….. Tulang tuh terkenal ma kebon jeruknya
    Tp. skarang gk tau masih ad pa gk…
    Horas …………
    Saya suka banget blog anda Trim\’s

    • morahertanto says:

      @Panangian
      Thx bro..
      Yuk, pulang lebaran ini, biasanya saya maen ke Damparan (liat2 orang, bukan semata liat damparannya).
      ntar sambil minta (minta,, beli..) jeruknya, he2..

  5. syamin pasaribu says:

    bia do puang dongan sahuta ana syamin pasaribu dari simangambat.thanks bngt atas upaya ente

  6. RMe says:

    sama bagusnya dengan tempat saya di si goringgoring…..

  7. RMe says:

    saya lagi buat situs http://www.sigoringgoring…. di tunggu ya….

  8. horas di hamu komandan, molo huida sampuran i got maridi muse ba tusi ari rayoo, ilham sian sipirok bahat famili di simangambat dht simanosor pesantren darul mursyid…!!!!!horas

  9. ahmaddahlan says:

    wa aupe sering tusi

  10. dahlan says:

    suka duka ku,, dahlan

  11. A.S.Harahap says:

    salut u/ blog ini.. mmory Dapparan yang selelu saya lalui era 60 an’ Silattom Jae, Silattom Tonga, Dapparan, Tandosan sampai Simagambat jalan kaki (bln ada kendr} he.he… horas.. ma tu hita sasudena.Fr Balikppn-kaltim.

  12. aml says:

    Memang najeges matong sampuran damparan on, molo pas taringot manigor giot mulak do rohai,, maridi huhut marsionjoran di pardabu ni aek i… H o r a s .

  13. Aml says:

    Didamparan do ipar ro hamu tubgsta bah @.anggiat lbs. Snr tgl di Malaysia marjalang. Horasss…!!!

  14. aml says:

    Bah ison ipar manggargar dolok do, hehe..

  15. satria says:

    lae,, saya mw k sampuran damparan lae..
    tp takutnya nnti tersesat..
    bisa dikasi peta lae atau petunjuk kesana..

    tolong lae…
    makasih

  16. satria says:

    mksd saya saya bawa kendaraan sendri,,
    say dr sipahutar, mw lewat pangaribuan dan silantom pak..

    mohon infonya..

    • Owh…
      tanya ke daerah Simangambat (Kecamatan S.D. Hole) dulu aja bro,,, setelah tau Sipirok ya.
      nanti kalau sudah sampai di daerah simangambat, tanya ke daerah Damparan (Damparan itu nama daerah). nanti nyampe sana, tanya sampuran Damparannya deh, semua tau koq🙂

  17. satria says:

    klo ada peta lngsng lbh bgus gan,, hehee,,
    kdang nanya2 segan gan, apalg bkn org situ..
    hehee,,

    ok gan,, tx bgt..

  18. Parlin Hatomuan Marpaung says:

    au pe mabosan tu sampuran i,tai molo pas lebaran tong adong giot martenju dht marbada padahal nasahuta do tardokkon ba….salam knl dr sy alumni ke 3 Darul Mursyid halak Sidapdap pangaratto Batam Island.

  19. lukman ritongha says:

    horas au marga ritonga sian simangambat najolo tn 1976 maridi au
    di damparan i sannari tahe 2012 napodo juga be mulak sai marhorasan ma sakoum di simangambat ti horasm bema 081325708100

  20. horas ma dihita sasudena……….

  21. touringrider says:

    hahaha… gak di jawa gak di kampung halaman, jalan2 terus nih mas Ritonga.. Indonesia memang Indah ya mas.

  22. juliana m says:

    olo attong najegesan do sappuran damparan on roma hamu dongan
    come come to my countri dan anda pasti nyaman dan aman heheheh

  23. rifky adekta darwin harianja says:

    Horas lae……………botul do sude na di dokkon mi,,,,,,,,tarimo kasih jeges di dokkon ho huta nai I lae,,,,,,,sering2 lae dah,,,,,,

  24. gie_prasetyo says:

    Ini kampung mama saya ..
    Kepala desa disana tulang saya ..
    Tp sya dah gk ksna lagi ..😦
    Tmpat main wktu kcil n diatas ada kedai itu usaha dr nantulang saya ..
    #kangen suasana damparan
    Trims dah diangkat k’indahan sampuran

Leave a Reply

