Kamus Bahasa Batak – Simple Version

A
a, (seruan perasaan kurang sabar dan juga perasaan menghina), ah.
Aba, seruan: ah! oh!
Aba, pangabaabaon, lekas berkembang dan tumbuh dan lekas pula layu, msl. eme; sering berubah-ubah pikirannya mengenai orang.
Abad, abad.
Abak, pangabahan, hal mengenai berhasilnya, menjadinya.
Abal, abalan, tempat, tabung untuk menyimpan segala sesuatu; tempat bertemu beramai-ramai, msl. huta abalan ni partigatiga, tempat para pedagang saling bertemu; abalabal, tabung kecil dari bambu untuk menyimpan segala sesuatu; mangabalabalhon, memasukkan sesuatu ke dalam tabung seperti itu.
Abang, pangabang, nama tempat dalam sopo Batak, yang terletak disebelah kanan dan kiri jalan masuk.
Abangabang, sej. pohon kayu.
Abap, abu halus, yang tinggal sesudah kayu bakar habis terbakar.
Abar, mengembara msl di dalam hutan untuk mengambil kapur barus; begu abar, = begu na masa, hantu yang menyebabkan epidemi………dst!

selengkapnya lihat disini

dan tau gak?

artinya mora = kaya, berkeadaan; simo = samar, tersembunyi; momo = mudah, enteng; moto = (singkatan nama gw, mora hertanto – sayang gak ada artinya, he2..)

About Mora H. Ritonga

kata orangseh lucu, seram, nyebelin, nakutin, bikin seneng, tapi ... terserahdeh,,saran gw liat dulu orangnya baru komen
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

11 Responses to Kamus Bahasa Batak – Simple Version

  1. J Rahman says:

    Pusying ane bacanya. Mending buat sopwernya bos.

  2. mora says:

    @J Rahman
    he2..iyaneh bos, kapan ya bisa bikinnya??
    mau bantuin gw gak? mau dibayarin berapa?🙂

    btw, kenapasih setiap comment nt dianggap spam? (serius)

  3. Raj Aryan MALHOTRA says:

    santabi sapulu, sapulu noli au marsantabi…

    ja di haroro nami manopotkon Mora nami….on ma di ari najeges, namarbajora mataniari….

    seruu…ane paling suka belajar paradaton… btw, jgn bilang susah donk.. harus kita lestarikan…

    songkoru nadigolom
    naiporus ditopi ni batang gadis
    adope ulang hita modom
    marsiajar ma hita manulis nulis

  4. mora says:

    @Raj Aryan..
    apaseh mas..gak ngerti aku…
    pake bahasa Indonesialah…he2

    (andigan muse marmayam tu Bogor?)

  5. adpl says:

    Tau tuh Bos. WordPress dendam ama ane :-p

  6. Rahman, J says:

    Eh, tukar themes lagi nt. TA-nya udah selesai 100%. Ntar ane coba ya . . .🙂

  7. mora says:

    @Rahman, J
    ya begitulah hidup….harus selalu berganti (dinamis), tapi harus selalu menuju ke yang lebih baik..
    Bukankah kalau hari ini sama dengan hari kemarin berarti merugi?? (atau kebalikya??)

  8. mora_hr says:

    dude ???

  9. cokelatholic says:

    hahahaha….
    kalo motori?? ada artinya gak di bahasa batak???

  10. arenabetting says:

    wah.. makin rumit aja nih bahasa.. yang penting bahsa indonesia dah.. biar semuanya bisa ngerti se indonesia hehe🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s