HEBOH UNLOCK ESIA 2601 YANG BISA KINI DIPAKAI FLEXI, FREN, STARONE

Bahkan fenomena Unlock ini mengalahkan kehebohan Samsung Frensip yang terkenal dengan jargon ”haree gene nggak punya handphone?” Kembali, tawaran ponsel murah hasil kerja sama antara operator dan vendor diacak-acak oleh pelaku Unlocker.

Ponsel Huawei seri 2601 ini memang laris manis, bukan hanya di Jakarta, namun di sejumlah gerai Esia di beberapa kota besar, kita bisa menyaksikan banyaknya antrian pembeli yang memadati hingga areal parkir. Ada beberapa alasan kenapa Huawei C2601 ini diburu konsumen, yakni ponsel ini menggunakan RUIM (SIM card), memiliki fitur loudspeaker. Faktor plus lain yang membuat ponsel ini laris melebihi kacang goreng, karena harganya yang terjangkau dengan hitungan sederhana saja. Dengan uang 250 ribuan, kita bisa memiliki ponsel murah dengan fitur semudah Nokia, bahkan lebih mudah dari Sony Ericsson. Perhitungannya, harga bandrol Rp 199.000 (ditambah pajak jadi Rp.218.900 plus pulsa esia senilai Rp 30 ribu)

Pada program bundling atau pemasaran produk secara bersama-sama ini, harga satu unit ponsel Huawei C2601 dijual ke pasar Rp199.000, ditambah dengan bonus talktime Esia sebesar 1.000 menit atau setara dengan Rp50.000 untuk percakapan sesama Esia.

Dalam siaran persnya, Eric Meijer mengatakan ponsel tersebut telah terkunci atau hanya bisa digunakan pada jaringan Esia, atau network lock pada jaringan Huawei yang menjadi penyedia jaringan Esia. Pada tahap awal, Esia akan melepas ke pasar sebanyak 500.000 unit, sehingga diharapkan dapat menambah minat masyarakat untuk menggunakan layanan Esia. Meski tidak bersubsidi, namun kemunculan handset ini diharapkan bisa meningkatkan penjualan perdana Esia di sejumlah daerah.

Karena permintaan sangat tinggi, pihak Esia kemudian menjual handset ini secara khusus di Outlet atau Esia Center yang ditunjuk. Masalah kemudian timbul, ketika ponsel ini akhirnya bisa diunlock. Di beberapa forum dunia maya, kita bisa menemukan iklan yang berisi tentang jasa unlock.

Menariknya software ini banyak dijual di pasaran, sehingga kita dengan mudah bisa mendapatkannya di Dunia maya. Begitu mudahnya, sehingga Anda tidak perlu bertanya lagi dimana mencarinya. Cukup googling, pasti menemukan kodenya.

Merebaknya masalah jebol segel lock atau unlock pada Huawei C2601 dipicu oleh harganya yang sangat murah. Dalam hal ini operator jelas sangat dirugikan oleh pelanggaran hak ciptanya dan berakibat berkurangnya kepercayaan dari vendor sebagai pihak kedua dalam mewujudkan bundling tersebut. Di lain sisi, fenomena unlock yang kembali marak juga disebabkan oleh belum jelasnya aturan hokum yang ada. Kita tentu masih ingat dengan kasus unlock yang terjadi beberapa saat yang lalu. Ada dua kasus yang terjadi di Surabaya dan Jakarta. Namun putusan yang dihasilkan oleh pengadilan ternyata tidak seragam, dimana pelaku di Jakarta diputuskan bersalah, sementara di Surabaya diputuskan tidak bersalah. Masih belum jelasnya legalitas juga bisa dilihat dari kesepakatan jual beli handset bundling. Ketika kita membeli handset bundling, tidak ada aturan yang melarang untuk mengutak-atik ponsel. Selanjutnya, sampai berapa lama handset bundling tersebut terikat kontrak dengan operator. Semuanya serba tidak jelas

“Ketidak-jelasan hukum yang paten ini justru dimanfaatkan oleh oknum-oknum unlocker tersebut, sehingga merugikan pihak operator dan vendor. Namun ada sisi baiknya, yakni adanya peningkatan teledensitas sehingga masyarakat di berbagai lapisan mampu membeli ponsel dengan harga terjangkau dengan bebas memilih operator yang dipilih”, ungkap Achiang, Praktisi Telekomunikasi Forum Indoflasher, saat ditemui News Ponsel

Faktor lain yang memungkinkan terjadinya unlock adalah kesalahan vendor yang kurang mengawasi system keamanan ponselnya. Vendor seharusnya selalu memberikan update system keamanan sehingga tidak gampang dijebol oleh pelaku unlocker. Dalam hal ini, jelas sekali Huawei tidak melakukan update pada system security pada ponsel tersebut.

Jika diurut-urut, aksi unlock pada ponsel Huawei ini disinyalir telah diciptakan oleh seorang teknisi ponsel dari Philipina, hingga akhirnya mendarat dio Indonesia. Dimana kita bisa menemukan pelaku unlocker? News Ponsel berkesempatan menelusuri jejak para Unlocker. Berbekal handset yang sudah dibeli, kami membagi tugas dengan menelusuri kawasan ITC Roxy mas dan WTC Surabaya.

Cukup sulit untuk menemukan para unlocker ini sebab umumnya mereka beraksi dengan cara sembunyi-sembunyi. Jangan harap Anda tiba – tiba bisa menjumpainya secara mudah, sebab umumnya aksi mereka melalui getok tular atau dari mulut ke mulut. Biasanya mereka hanya mau melakukannya pada ponsel milik orang yang sudah dikenalnya. Melalui seorang perantara di kawasan WTC Surabaya, kami akhirnya berhasil menemui salah seorang pelaku. Kepada News Ponsel, dia menjelaskan bahwa untuk bisa melakukan unlock bukanlah hal yang sulit sebab semua tutorialnya bisa kita dapatkan dengan mudah di Internet. Berapa ongkos yang anda minta sebagai jasa unlock?Ditanya demikian, pria ini mengaku mendapat imbalan 25 sampai 50 ribu.

Fenomena Unlock ini juga membuat pasar ponsel menjadi terkoreksi, artinya jika sebelumnya handset huawei C2601 ini dijual melalui program bundling, maka seiring dengan tren unlock, maka tidak sedikit outlet atau konter di pinggiran yang sengaja menjualnya terpisah, bahkan dengan terang-terangan menjual huawei C2601 dengan simcard lain.

Rakhmat Junaidi, Director Of Corporate Services PT Bakrie Telecom Indonesia

“Dengan melakukan tindakan unlock ini, maka mereka telah merampas keinginan dari masyarakat untuk memperoleh harga ponsel yang sangat terjangkau. Selain itu mereka juga tidak menghormati hukum mengingat perangkat ponsel Huawei tersebut telah dilindungi oleh hak cipta intelektual”,

PT Bakrie Telecom Indonesia segera merespon kasus unlock di tengah pasar ponsel Indonesia. Rahmad mengatakan, sejak awal bulan September 2007, Esia mengeluarkan paket bundling dengan nama Paket Dobel Untung. Paket ini dijual dengan harga Rp 199 ribu (diluar ppn). Dengan harga sebesar itu maka paket Dobel Untung merupakan harga ponsel baru yang termurah di Indonesia.

Paket Dobel Untung ini kerjasama antara BTEL sebagai penyedia jaringan dengan Huawei sebagai penyedia handset. Tujuannya untuk mewujudkan misi BTEL memperluas akses masyarakat terhadap jasa layanan telekomunikasi dengan kualitas ponsel yang terjaga pula. Karena itu BTEL berharap kerjasama ini akan dapat diterima oleh masyarakat karena banyak keuntungan yang akan diperoleh. Tarif percakapan murah, kualitas ponsel prima dan dukungan jaringan yang sangat memadai.

Berkaitan dengan maraknya informasi unlock handset bundling ini, maka Rakhmat selaku jubir BTEL sangat menyayangkan tindakan demikian. Langkah BTEL meluncurkan paket bundling ini merupakan terobosan agar akses masyarakat untuk mendapatkan jasa layanan telekomunikasi dapat semakin luas dan terjangkau.

Arah tujuannya, karena perangkat tersebut merupakan hak cipta intelektual pihak Huawei maka tindakan hukum yang menyertainya akan merupakan wewenang sepenuhnya pihak Huawei untuk menindak-lanjutinya. (Don)

Jejak Para Unlockers

Para unlocker di Indonesia meninggalkan jejak yang sangat jelas, dari tahun- ke tahun sejak peluncuran handset Samsung SCH N356 Frenship, jejak para pembobol ini bisa dipastikan terus berlanjut mulai sekarang. Entah karena proteksi software yang kurang kuat atau karena jawara unlocker yang lebih pintar. Who knows!! Yang pasti ketika permintaan handset murah mulai merangkak naik, konsumen ponsel di Indonesia meresponnya dengan aksi sporadis. Tipikal masyarakat Indonesia memang cukup unik, sebab meski sudah di unlock dengan salah satu simcard operator tertentu, toh tetap saja masih mencari celah agar bisa dipakai untuk operator lain. Ini menjadi PR bagi operator maupun Vendor agar lebih waspada dan bijaksana, sebab apapun yang dikunci pasti bisa dibuka.

About Mora H. Ritonga

kata orangseh lucu, seram, nyebelin, nakutin, bikin seneng, tapi ... terserahdeh,,saran gw liat dulu orangnya baru komen
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to HEBOH UNLOCK ESIA 2601 YANG BISA KINI DIPAKAI FLEXI, FREN, STARONE

  1. mollor says:

    selamat!!!
    kalian sudah ngasih pelajaran buat esia goblog!!!
    ngirimsms suka susah, nelp kadang dibilang “telp yang anda tuju sedang sibuk” n bla bla bla……
    satu lagi kalo ga ngerti hp mending ga usah ngeluncurin hp lah…

  2. ghost says:

    mang benar kaya tae gw jg gt pake dibilang sibuk telepon yang anda tuju lagi mati padahal kagak huh payah bwanget \, buatlah hp yang bisa bwt pinjem duit…..kagk bize dh lou.ghostage ancol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s