Persiapan menjelang Puasa Romadhon

Sekedar berbagi ilmu yang baru didapat :)

Bentar lagi kan puasa, kalau saya benar, dari info yang saya dapatkan di awal agustus ini… Nah persiapan aja yang perlu kita siapkan dari sekarang? Kebetulan ada pengajian tiap kamis malam di perumahan gw, dan ini beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika menjelang Romadhon,

1. Doa. Rosululloh setiap ketika akan menjelang Romadhon selalu berdoa: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan rajab dan sya’ban serta pertemukan kami dengan bulan ramadhan. Amin..”
Doa ini termasuk sangat penting karena untuk meraih Romadhon yang mulia, kita harus mendapat “ijin” dari Alloh :)

2. Ilmu. Ilmu apa? Ilmu apa aja? ya tentunya segala ilmu yang berhubungan dengan aktifitas2 di Romadhon nanti, seperti puasa romadhon, sahur, berbuka, solat malam, yag membatalkan puasa, yang tidak wajib berpuasa, bagaimana mengganti puasa, dan seterusnya. Intinya, agar ibadah kita nanti di bulan suci Romadhon tidak hampa, maka kita harus belajar ilmu-nya dari sekarang. Belajar bisa dari siapa aja, dari mana saja.

3. Maaf-memaafkan. Ini untuk melancarkan amal kita aja, kan katanya kalau dua orang tidak berbicara selama melebihi 3 hari, maka bukan bagian dari umat Nabi Muhammad SAW, CMIIW. Dan sebelum saling memaafkan maka amal perbuatannya hanya tertahan di langit, CMIIW. Jadi, sebelum Romadhon ada baiknya kita saling memaafkan. Dan orang yang meminta maaf duluan itu lebih mulia, CMIIW.

ask: Bagaimana dengan ziarah sebelum romadhon?
jawab: Tidak ada anjuran khusus ziarah dulu sebelum romadhon, kalau mau ziarah silahkan, kalau gak juga gapapa. Dikembalikan ke asalnya aja, bahwa ziarah itu dilaksanakan oleh kaum muslimin untuk mengingatkan kita kepada kematian.

ask: Ada orang yang mandi dulu, mandi pake daun2an atau wangi2an itu bagaimana?
jawab: Sama seperti di atas, tidak dianjurkan, malah dilarang kalau tujuannya misal biar kuat ketika puasa, dan seterusnya yang menjerumus ke syirik.

Kemudian jumat kemarin ketika khutbah jumat, kebetulan sang ustad juga menyinggung tentang sebentar lagi akan puasa Romadhon. Beliau menyebutkan bahwa Rosulullah SAW ketika menjelang romadhon (2 minggu sebelum) mengehentikan puasa sunah senin kamis (yang rutin), karena berhenti di menjelang puasa romadhon itu seperti suatu persiapan atau bonus sebelum nantinya melaksanakan puasa Romadhon sebulan penuh. Ini dilakukan oleh Rosululloh.
Jadi bagi yang rutin melaksanakan puasa sunah senin kamis, maka di 2 minggu terakhir ini sebaiknya berhenti. Sedangkan bagi yang tidak rutin tidak disebutkan/dianjurkan untuk berhenti. Apalagi yang masih harus membayar utang puasa dari romadhon sebelumnya, sebaiknya segera dilaksanakan, mudah2an waktunya masih ada..

Sekian, semoga berguna. Semua hal yang penulis tuliskan disini adalah berdasarkan apa yang penulis tangkap dari sumber yang ada, kurang lebih nya mohon dimaafkan.
Ya Allah, berkahilah kami di bulan rajab dan sya’ban serta pertemukan kami dengan bulan ramadhan. Amin..

About these ads

About Mora H. Ritonga

kata orangseh lucu, seram, nyebelin, nakutin, bikin seneng, tapi ... terserahdeh,,saran gw liat dulu orangnya baru komen
This entry was posted in Agama, Curhat and tagged , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Persiapan menjelang Puasa Romadhon

  1. zaqlutv says:

    alhamdulillah, sudah diingatkan.. thx kk

  2. Gus Pur says:

    makasih tlah mengingatkan kita semua..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s